Mengenal Bahasa Pemrograman Xojo

Mengenal Bahasa Pemrograman Xojo

Pengrtian Bahasa Pemrograman Xojo

Lingkungan pemrograman Xojo dan bahasa pemrograman dikembangkan dan dipasarkan secara komersial oleh Xojo, Inc. dari Austin, Texas untuk pengembangan perangkat lunak yang menargetkan macOS, Microsoft Windows, Linux, iOS, Web, dan Raspberry Pi. Xojo menggunakan dialek BASIC berorientasi objek eksklusif, sebelumnya dikenal sebagai REALbasic, tetapi sekarang dikenal sebagai Xojo.

Sejarah Bahasa Pemrograman Xojo

Pada tahun 1997 FYI Software, yang didirikan oleh Geoff Perlman, membeli CrossBasic, yang telah dipasarkan oleh penulisnya Andrew Barry sebagai produk shareware. CrossBasic mendapatkan namanya dari kemampuannya untuk mengkompilasi kode pemrograman yang sama untuk Mac OS klasik dan mesin virtual Java (meskipun lingkungan pengembangan terintegrasi hanya untuk Mac). Beta publik dirilis pada April 1996. Nama CrossBasic adalah merek dagang oleh perusahaan lain, sehingga produk tersebut diganti namanya REALbasic.

Sebelum REALbasic versi 2, target Java dijatuhkan dan kemudian diganti dengan target Windows dan dukungan database. Windows builds mengandung banyak bug ketika akhirnya dirilis, dan sangat sulit untuk menulis aplikasi yang berjalan pada Mac OS dan Windows. Opsi untuk mengkompilasi untuk Linux ditambahkan pada tahun 2005 dan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) porting ke Windows dan sebagai beta publik gratis untuk platform Linux. IDE baru menggunakan antarmuka pengguna baru yang dirancang ulang agar lebih mirip Xcode.

Contoh Kode Bahasa Pemrograman Xojo

Compiler Bahasa Pemrograman Xojo

  • Xojo IDE

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here