Mengenal Bahasa Pemrograman PL/I

Mengenal Bahasa Pemrograman PL/I

Pengertian Bahasa Pemrograman PL/I

PL / I (Programming Language One) adalah bahasa pemrograman komputer prosedural, imperatif yang dirancang untuk penggunaan pemrograman ilmiah, teknik, bisnis, dan sistem. Ini telah digunakan oleh berbagai organisasi akademik, komersial dan industri sejak diperkenalkan pada 1960-an, dan terus digunakan secara aktif.

Domain utama PL / I adalah pemrosesan data, perhitungan numerik, komputasi ilmiah, dan pemrograman sistem; ini mendukung rekursi, pemrograman terstruktur, penanganan struktur data terkait, titik tetap, titik mengambang, kompleks, penanganan karakter string, dan penanganan bit string. Sintaks bahasa seperti bahasa Inggris dan cocok untuk menggambarkan format data yang kompleks, dengan serangkaian fungsi yang tersedia untuk memverifikasi dan memanipulasinya.

Sejarah Bahasa Pemrograman PL/I

Pada 1950-an dan awal 1960-an, pengguna bisnis dan ilmiah diprogram untuk perangkat keras komputer yang berbeda menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Pengguna bisnis pindah dari Autocoder melalui COMTRAN ke COBOL, sementara pengguna ilmiah diprogram dalam General Interpretive Program (GIP), Fortran, ALGOL, GEORGE, dan lainnya. IBM System / 360 (diumumkan pada 1964 dan disampaikan pada 1966) dirancang sebagai arsitektur mesin umum untuk kedua kelompok pengguna, menggantikan semua arsitektur IBM yang ada. Demikian pula, IBM menginginkan bahasa pemrograman tunggal untuk semua pengguna. Ia berharap bahwa Fortran dapat diperluas untuk mencakup fitur-fitur yang dibutuhkan oleh programmer komersial. Pada Oktober 1963, sebuah komite dibentuk yang awalnya terdiri dari tiga IBM dari New York dan tiga anggota SHARE, kelompok pengguna ilmiah IBM, untuk mengajukan ekstensi ini ke Fortran. Mengingat kendala Fortran, mereka tidak dapat melakukan ini dan memulai desain “bahasa pemrograman baru” yang didasarkan secara longgar pada ALGOL berlabel “NPL”. Akronim ini bertentangan dengan Laboratorium Fisika Nasional Inggris dan digantikan secara singkat oleh MPPL (Multi Purpose Programming Language) dan, pada 1965, dengan PL / I (dengan angka Romawi “I”). Definisi pertama muncul pada bulan April 1964.

Contoh Kode Bahasa Pemrograman PL/I

Compiler Bahasa Pemrograman PL/I

  • Fortran Compiler

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here