Cara Menggunakan Array di Pemrograman Java

Cara Menggunakan Array di Pemrograman Java

Array adaalh serangkaian data/nilai yang memiliki tipe data. Misal array yeng bertipe integer maka data yang dapat diterima atau ditampung hanya bernilai interger. Untuk contoh kasus, misalkan program kita membutuhkan variabel yang nilainya itu adalah nama-nama hari, maka daripada kita susah-susah membuat variabel hari satu-persatu (misal : hari1 = “senin”, hari2 = “selasa”,… dst) maka kita dapat memakai Array.

Cara Mendekalarasiakn Array di Java

Seperti halnya variabel, array juga harus dideklarasikan dulu sebelum digunakan. Berbeda dengan deklarasi variabel, pendeklarasian array dilakukan dengan menambahkan tanda kurung siku ( [ ] ) setelah nama array.

Bentuk umum cara mendeklarasiakn array di Java

Contoh mendeklarasiakn array di Java

Cara Menentukan Kapasitas Array di Java

Perlu kita ketahui, saat kita melakukan pendeklarasian array yang tidak menentukan jumlah kapasitas array makan secara default kapasitas array adalah 0 (nol). Berikut cara menentukan kapasitas array di Java :

atau

contoh menentukan kapasitas array di Java

Nilai Index di Java

Dalam pemrograman Java, index array dimulai dari 0 sehingga jika kita membuat array dengan kapasitas 7, maka index array dari 0 sampai 6 (bukan dari 1 s/d 7). Artinya,  saat menentukan nilai index array tidak boleh melebihi atau sama dengan kapasitas array yang kia buat.

Cara Mengeset/Mengakses Nilai Array di Java

Cara mengeset/mengakses nilai array mirip dengan cara mengisi nilai variabel. Bedanya adalah, kita harus menentukan index dari array yang akan diakses/diset dengan menggunkan tanda kurung suku ( [ ] ).

Bentuk cara mengeset array di Java

contoh

Bentuk cara mengakses nilai array di Java

contoh

contoh menggunkan perulangan for

Cara mengetahui Jumlah Data Array di Java

contoh

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here